Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-Gado Dan Es Kopi Di Sini

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Sore ini melintas di Cipete? Mampir saja ke Kedai Kopi Tenong untuk bersantap. Ada aneka minuman kopi, kudapan hingga makanan lengkap untuk mengisi perut.

Ada banyak kedai kopi di Cipete Raya yang dapat disambangi untuk bersantai. Salah satu yang terbaru yakni Kedai Kopi Tenong. Bangunannya menempati bekas restoran KoenoKoeni Hotpot yang sekarang sudah tutup. Ruangan dalam kedai kopi rupanya menyatu dengan toko batik.

Kesan vintage sekaligus etnik eksklusif terasa begitu masuk ke dalam. Ada motor antik yang dipajang di erat pintu masuk. Sementara di salah satu sisinya terpajang poster-poster perempuan China zaman dulu.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Mungkin konsep ini menyesuaikan nama 'tenong' yang juga vintage dan etnik. Tenong merupakan wadah makanan bulat, menyerupai rantang, yang sekarang hanya ada di acara-acara budbahasa kawasan tertentu. Tenong dapat dibentuk dari bambu, kayu, anyaman, tembaga, hingga logam perak dan kuningan.

Soal menunya, Kedai Kopi Tenong sajikan minuman kopi dari biji kopi orisinil Indonesia. Mereka menggunakan kopi dari salah satu roaster ternama tanah air. Diantaranya kopi Malabar, Mandheling, Toraja, Flores hingga Minang Solok.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Pemakaian biji kopi ini berbeda setiap harinya. Dipakai untuk Espresso, Americano maupun Vietanamese Black Coffee. Juga minuman kopi dengan susu menyerupai piccolo, cappuccino dan mochaccino.

Saat kami mampir sedang ada promo pembelian gado-gado gratis Es Kopi Susu Tenong (Rp 19.000). Porsi gado-gado gaya Surabaya ini cukup banyak dengan isian pipilan jagung, kacang panjang, labu, mentimun, serpihan tahu dan telur rebus.

Tak ketinggalan taburan bawang goreng dan kerupuk aci sebagai pelengkap. Baluran bumbu kacang gado-gado cukup royal dan merata di permukaan sayuran. Rasanya gurih ringan dan tak terlalu pedas. Enak dipadukan dengan renyahnya sayuran.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Sementara es kopi susunya dibentuk dari biji kopi Minang Solok dikala kami mampir. Tingkat keasaman dan kemanisan kopi tak terlalu terasa alasannya sudah bercampur es dan susu. Secara keseluruhan es kopi susu ini menyegarkan tanpa rasa bagus susu atau gula yang berlebihan.

Kami juga mencicip Iced Salted Caramel Latte (Rp 35.000). Berupa latte hambar yang diberi sirup salted caramel di sekelilingnya. Sayangnya rasa bagus asin khas salted caramel tak berpadu baik dengan kopi alasannya sirupnya melekat di dinding gelas.

Pilihan minuman lain di sini yakni minuman herbal atau homogen jamu. Ada yang tersedia dalam racikan hangat maupun dingin. Salah satunya Teh Tolak Angin (Rp 22.000) yang menyegarkan badan. Cocok dihirup dikala tubuh kurang fit.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Santai sore kami ditemani pastel empuk. Isian kentang, telur, daging dan sayurannya yummy dipadukan dengan cocolan sambal kacang. Bisa juga sambi menggigit cabe rawit hijau yang pedasnya 'nyelekit.'

Bakwan jagung, bakwan sayuran dan tempe mendoan (@ Rp 15.000) juga dapat dipesan. Gorengan gurih ini tersaji hangat dengan pendamping cabe rawit hiijau yang nikmat.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Nah, sudah ada inspirasi tempat ngopi sore ini? Kalau belum, mampir saja ke Kedai Kopi Tenong!

Kedai Kopi Tenong
Jl. Cipete Raya No. 8A, Fatmawati
Telepon: 021 22705821

Komentar