Diisi Oncom Dan Gula Merah, Combro Dan Misro Sama Enaknya

Foto: Dok. detikFoodFoto: Dok. detikFood

Jakarta - Gorengan yang satu ini niscaya Anda sukai. Dibuat dari adonan singkong, isiannya dibuat dengan adonan oncom pedas dan irisan gula merah. Mantap!

Camilan tradisional asal Jawa Barat ini memang menjadi buruan pecinta gorengan. Dinamakan 'combro' bukan tanpa alasan, nama ini berasal dari kata comro yang berasal dari kata oncom di jero alias oncom di dalam.

Baca juga: Pedas Mantap! Combro Jeletot Bisa Anda Nikmati dengan 4 Langkah Ini

Diisi Oncom dan Gula Merah, Combro dan Misro Sama EnaknyaFoto: Istimewa

Masuk dalam kategori kudapan yang gampang dibuat. Combro diolah dari singkong yang diparut kemudian diberi isian. Combro terbuat dari parutan singkong, kelapa dan isian berupa oncom yang dilumatkan bersama dengan aneka bumbu ibarat bawang merah, putih, daun bawang dan beberapa juga ada yang menambahkannya dengan cabai.

Sebelum digoreng dalam minyak panas, adonan singkong terlebih dulu dipipihkan dan diberi isian oncom. Setelah dibuat bundar panjang barulah kemudian adonan oncom digoreng di dalam minyak dengan api sedang. Karena jikalau dengan api kecil, kadang-kadang oncom menjadi keras sedangkan jikalau memakai api terlalu besar terkadang isinya tidak matang sampai ke dalam.

Diisi Oncom dan Gula Merah, Combro dan Misro Sama EnaknyaFoto: Dok. detikFood

Bagi Anda yang tak terlalu suka pedas, dapat mencicip misro. Adonannya sama dengan combro, namun untuk isinya cuilan gula merah yang nantinya saat dipanaskan akan melted.

Combro dan misro biasanya dijual di Pasar atau jajanan gerobak. Harganya juga bervariasi, untuk combro mini dibandrol dengan harga Rp 5.000 dan combro atau misro ukuran sedang dibandrol dengan harga Rp 3.500-an.

Komentar