Gara-Gara 4 Hal Ini Gorengan Sering Disebut Makanan Tak Sehat

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Meski rasanya gurih renyah, gorengan sering dicap jelek bagi kesehatan. Tak lain lantaran penyakit yang mungkin ditimbulkan jikalau terlalu banyak makan gorengan.

Pelaku hidup sehat umumnya menjauhi makanan yang digoreng. Mereka tidak mau mengonsumsinya lantaran khawatir berdampak jelek bagi kesehatan. Mulai dari menambah berat tubuh sampai picu kanker prostat, ibarat diungkap Live Strong (3/10) berikut.

Baca Juga: 5 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Saat Anda Terlalu Banyak Makan Gorengan

Gara-gara 4 Hal Ini Gorengan Sering Disebut Makanan Tak SehatFoto: iStock

1. Obesitas
Makanan tinggi lemak ibarat gorengan mengandung banyak kalori. Seperti diketahui tiap 1 gram lemak bernilai 9 kalori, sementara 1 gram protein dan karbohidrat menyediakan 4 kalori saja. Jika dikonsumsi rutin, gorengan dapat sebabkan kelebihan berat tubuh atau obesitas. Studi dala "Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases" pada Februari 2013 mengungkap konsumsi gorengan lebih dari 4 kali seminggu tingkatkan risiko obesitas, dibanding mengonsumsinya kurang dari 2 kali dalam waktu yang sama.

2. Stroke
Laporan CBS News pada Februari 2013 juga menemukan konsumsi gorengan dapat sebabkan stroke. Risiko ini meningkat sampai 41% jikalau seseorang makan gorengan setidaknya 6 kali seminggu dibanding seseorang yang makan gorengan tak lebih dari 1 kali sebulan, berdasarkan studi yang dipimpin Dr. Suzanne Judd di Birmingham. Belum lagi jikalau gorengan mengandung lemak jenuh ibarat mentega dan minyak kelapa. Maka konsumsinya dapat tingkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Gara-gara 4 Hal Ini Gorengan Sering Disebut Makanan Tak SehatFoto: iStock

3. Diabetes
Studi yang diterbitkan dalam "Diabetes Care" pada April 2011 menyebut makan gorengan tingkatkan risiko diabetes tipe 2. Bukan hanya makanan yang digoreng kering, pada studi lain yang dipublikasikan di "Nutrition & Food Science" tahun 2013, konsumsi makanan yang digoreng dengan sedikit minyak juga dapat sebabkan hal sama.

4. Kanker
Yang tak kalah mengerikan ialah konsumsi gorengan dapat sebabkan kanker prostat. Mereka yang sering makan gorengan ibarat ikan goreng, fried chicken, donat, french fries, setidaknya 1 kali seminggu, ternyata mempunyai risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Hal ini terungkap dalam studi yang diterbitkan pada jurnal "Prostate", Juni tahun 2013.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Mengonsumsi Makanan Berminyak

Komentar