Gurih Bagus Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas Medan

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Cakwe medan tidak hanya ada di Medan saja. Camilan ini sudah banyak dijajakan di aneka macam wilayah. Salah satunya di Tangerang Selatan.

Di Pasar Modern BSD, Tangerang, ada kedai cakwe medan yang disukai banyak orang. Kedai ini sudah 10 tahun menjajakan cakwe dan masakan ringan bagus bantal. Namanya Cakwe Asun. Nama kedainya diambil dari nama pemilik sekaligus penjual kedai cakwe ini.

Gurih Manis Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas MedanFoto: dok. detikFood
Cakwe milik Asun merupakan cakwe khas Medan. Terlihat dari ukuran cakwe yang lebih besar dari cakwe pada umumnya. Racikan gabungan tepung terigu, pengembang, dan materi istimewa milik Asun sangat spesial. Tidak ada bab yang keras atau bantat teteapi mengembang dengan cepat ketika digoreng.

Mengenai rasa, cakwe buatan Asun punya rasa gurih manis. Luarnya garing dan dalamnya lembut berserat. Makin enak bila dimakan dengan saus cuka yang pedas asam.

Gurih Manis Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas MedanFoto: dok. detikFood
Kue bantalnya juga berukuran besar. Bagian atas masakan ringan bagus bantal diberi taburan wijen sehingga punya bacin yang khas. Kue lembut ini punya rasa bagus yang bercampur dengan gurihnya wijen. Kalau dimakan ketika hangat rasanya jadi makin lezat.

Perharinya, Cakwe Asun dapat menghabiskan 10 kilogram tepung terigu. Baik dipakai untuk gabungan cakwe maupun masakan ringan bagus bantal. Kalau hari libur tentu jumlahnya lebih banyak.

Gurih Manis Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas MedanFoto: dok. detikFood
Kedai ini tidak eksklusif menggoreng banyak cakwe dan masakan ringan bagus bantal. Agar ketika dibeli keduanya masih hangat dan mengembang sempurna.

Gurih Manis Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas MedanFoto: dok. detikFood
Adonannya sudah dibentuk terlebih dahulu di rumah. Untuk gabungan cakwe, dipipihkan dan dipotong sebesar dua ruas jari orang dewasa. Lalu dua gabungan yang sudah dipotong tadi dilekatkan dengan air. Kemudian bab tengahnya ditekan sampai membentuk garis lurus. Hal ini dilakukan biar ada keratan di bab tengah cakwe. Setelah itu gres digoreng.

Harga cakwe dan masakan ringan bagus bantal goreng di sini terbilang ekonomis. Keduanya dijual seharga Rp 5.000. Jadi, tidak ada salahnya berkunjung ke sini bila sedang berada di Pasar Modern BSD, Tangerang!

Baca Juga: mepuk Renyah Cakue dan Kue Bantal untuk Camilan

Komentar