Ini Diam-Diam Bikin Gorengan Yang Krenyes Renyah

Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Hasil gorengan berminyak dan lembek? Mungkin ada beberapa hal sepele yang salah ketika membuatnya. Coba perhatikan tips ini.

Membuat gorengan memang terbilang susah-susah gampang. Bahan dan bumbu yang dipakai memang tidak sulit tapi jikalau salah teknik maka rasanya kurang renyah dan garing.

Agar gorengan lezat dan kriuk renyah, simak 5 tips berikut.

1. Perhatikan ukuran bahan
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: iStock
Ukuran materi yang akan digoreng memperlihatkan imbas yang besar pada tekstur dan tingkat kematangan gorengan. Karena itu selalu potong materi dengan ukuran yang sama. Agar gorengan matang secara bersamaan. Jika ukurannya tidak sama, maka matangnya tak merata dan dapat jadi menghisap banyak minyak.

Baca juga : Gorengan Garing dan Renyah, Ini 5 Tips yang Wajib Dicoba!

2. Perhatikan komposisi materi
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: iStock
Jika ingin menciptakan tekstur gorengan makin renyah, tambahkan sedikit soda camilan manis pada campuran tepung. Saat mencampur soda camilan manis pada adonan, pastikan memakai air dingin. Juga jangan terlalu usang mengaduk campuran sebab akan menciptakan campuran jadi liat.

Sementara untuk rasa adonan, tambahkan bumbu sesuai gorengan yang akan dibuat. Jika menciptakan gorengan gurih, dapat tambahkan bumbu halus putih, merica dan garam. Namun ketika menciptakan gorengan manis menyerupai pisang goreng atau cempedak goreng, dapat gunakan sedikit gula pasir.

3. Perhatikan suhu minyak
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Suhu ideal untuk menggoreng ialah sekitar 170 derajat celsius. Jika terlalu panas maka gorengan akan cepat gosong di luar namun masih belum matang dalamnya. Jika minyak belum panas maka gorengan akan menyerap banyak minyak dan usang untuk matang. Kendalikan suhu minyak dengan mengatur besarnya api.

4. Cara menggoreng
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Saat menggoreng, masukkan materi sedikit demi sedikit. Hal ini perlu dilakukan biar gorengan matang merata dan akibatnya bagus. Jika memasukkan terlalu banyak materi sekaligus maka suhu minyak akan pribadi menurun dan menciptakan gorengan usang matang.

Belum lagi gorengan akan melekat satu sama lain dan sulit dipisahkan. Sesuaikan juga banyaknya minyak dengan ukuran wajan.

Baca juga : Gorengan Lembek? Ini Cara Memanaskan Kembali Agar Renyah Enak

5. Tiriskan gorengan
Ini Rahasia Bikin Gorengan yang Krenyes RenyahFoto: Istock
Jangan pribadi menyajikan gorengan ketika gres diangkat. Tiriskan terlebih dulu hingga minyaknya berkurang. Manfaatkan saringan peniris minyak, cooling rack atau tisu dapur. Diamkan beberapa ketika hingga minyak tidak lagi menetes.

Jika gorengan yang gres matang pribadi disajikan panas, maka ketika dingin, minyak akan menyerap dalam gorengan sehingga teksturnya menjadi lembek dan berminyak. Ini yang menjadi penyebab tekstur gorengan tidak bertahan lama.


Komentar