Ubi Dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Umbi termasuk materi makanan yang terkenal dijadikan gorengan. Mulai dari ubi sampai singkong lezat jadi 'teman' menyantap teh.

Mengintip jenis gorengan di tukang gorengan pinggir jalan, ada beberapa jenis umbi yang dijual. Mulai dari ubi sampai singkong yang masing-masing punya penggemar. Selain rasanya gurih, gorengan umbi disukai alasannya ialah sifatnya yang mengenyangkan mengingat umbi ialah sumber karbohidrat.

Berikut jenis-jenis gorengan umbi yang umum kau temui. Mana nih yang jadi favorit?

1. Singkong

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: dok. detikFood
Singkong goreng biasanya dijajakan dalam bagian tidak mengecewakan besar. Penjual akan mencari singkong empuk yang rasanya tidak pahit. Berbeda dengan ubi, bagian singkong digoreng dalam minyak banyak dan panas, tanpa tepung. Sebelumnya singkong juga dibumbui bawang putih dan garam untuk menghadirkan rasa gurih.

Selain dimakan langsung, singkong goreng dapat ditambahkan parutan keju atau susu kental manis. Jajanan ini sempat terkenal beberapa tahun lalu. Yang kekinian ialah singkong goreng isi lelehan keju mozzarella. Bernama Crispy Tapela, gabungan singkong digoreng dengan balutan tepung roti.

Pilihan lain yang klasik dan lezat ialah singkong goreng sambal. Di Manado, misalnya, singkong goreng dinikmati dengan cocolan sambal roa. Nah, jikalau mau bikin singkong goreng dengan paduan sambal, resep INI dapat jadi panduan.

2. Ubi jalar

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: iStock
Siapa suka ubi goreng? Jenis gorengan ini dibuat dari bagian ubi jalar yang dibalut tepung terigu sebelum digoreng. Beberapa penjual gorengan masih menjajakan ubi goreng berbahan ubi putih atau kuning.

Ciri khas ubi goreng ialah teksturnya yang renyah di luar namun empuk dan berserat di bab dalam. Pemilihan ubi yang matang menciptakan ubi goreng terasa sedikit manis.

Olahan ubi goreng lainnya ialah diiris korek api halus, digoreng kemudian diaduk bersama gula merah cair dan dibuat menjadi kremes ubi. Sementara versi kekiniannya ialah bola-bola ubi berbahan ubi yang dihaluskan.

Di Barat, ubi goreng umum diolah menyerupai kentang goreng. Dipotong memanjang kemudian digoreng berlapis tepung sampai garing. Selanjutnya dinikmati dengan cocolan saus.

3. Talas

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: iStock
Gorengan talas mungkin tidak umum, tapi umbian ini juga biasa digoreng. Untuk membuatnya, talas dikupas kemudian dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Untuh menghilangkan getahnya, rendam talas segera di dalam air garam.

Setelah itu masukkan talas ke dalam larutan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam dan lada. Diamkan sekitar 15 menit kemudian goreng talas di dalam minyak banyak dan panas. Talas gorengpun siap disantap.

4. Kentang

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock/detikFood

Foto: iStock
Kentang goreng bukanlah sajian gorengan pinggir jalan. Umbian ini biasanya dijadikan French fries, sebagai sahabat menyantap fried chicken. Bentuknya dapat panjang lurus menyerupai French fries atau shoestring, panjang keriting menyerupai crinkle cut, spiral menyerupai curly fries, diparut dan dipadatkan menjadi hash brown, atau lebar dan tipis menyerupai keripik.

Yang terbaru ialah kentang goreng ekstra panjang. Kreasi viral ini dibuat sebuah restoran Jepang di Australia. Panjang kentang gorengnya mencapai 30,48 cm dengan suplemen mayonnaise.

Tak harus beli di restoran, kau dapat bikin kentang goreng lezat sendiri di rumah. Langkah-langkah INI dapat dijadikan panduan. Kalau mau sedikit berbeda dapat coba kentang goreng saus telur asin.

Komentar