Pisang Goroho Digoreng Telanjang, Aduh Enaknya!

Foto: detikfoodFoto: detikfood

Gorontalo - Goroho merupakan salah satu jenis pisang Gorontalo. Digoreng ketika mengkal tanpa tepung rasanya empuk gurih. Apalagi dicocol sambal sagela. Sedap!

Bukan hanya di Jawa, Gorontalo juga punya bermacam-macam jenis pisang. Seperti pisang gapi cantik yang dapat pribadi dimakan sebagai buah segar. Karena cantik dan harum aromanya. Selain itu ada juga pisang yang khusus untuk diolah. Seperti pisang capatu atau sepatu, pisang pagata dan pisang raja serta pisang goroho.

Di antara bermacam-macam jenis pisang khas Gorontalo, pisang goroho yang paling populer. Pisang ini termasuk keluarga Musa acuminafe,sp. Seperti jenis pisang pada umumnya, pisang goroho juga ditanam di kebun atau halaman rumah sebagai tanaman kebutuhan sehari-hari.

Berbeda dengan pisang lain yang menunggu masak untuk disantap, pisang goroho umumnya dikonsumsi ketika masih mengkal, kulitnya hijau dan teksturnya keras. Jika sudah masak akan lembek dan asam rasanya. Diolah dengan cara digoreng atau dikukus.

Baca Juga : Mau Ngopi? Ini 7 Pilihan Pisang Goreng untuk Teman Ngopi

Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!Foto: detikfood

Untuk menggoreng, pisang dikupas kulitnya kemudian dipotong membujur agak tebal atau bentuk balok kecil menyerupai french fries. Kemudian digoreng pribadi dalam minyak panas dan banyak sampai kuning keemasan dan kering.

Jadi pisang goroho cukup digoreng 'telanjang' tanpa gabungan tepung. Karena teksturnya akan garing renyah di luar dan empuk gurih di dalam. Tak ada rasa cantik sama sekali. Karenanya pisang ini yummy dicocol dengan sambal sagela atau sambal ikan roa yang pedas menyengat.

Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!Foto: detikfood

Jika tak suka gorengan, orang Gorontalo biasa menikmati pisang ini dengan dikukus utuh. Dinikmati sebagai pengganti nasi, disantap dengan bermacam-macam lauk-pauk. Karena empuk, gurih dan cenderung tawar, pisang ini terasa yummy dimakan dengan lauk.

Selain itu, pisang ini dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes. Karena indeks glekemiknya rendah dan gampang dicerna. Selain ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, sejumlah mineral menyerupai kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!Foto: detikfood

Kalau ingin menikmati pisang goroho, di Gorontalo dijajakan sebagai jajanan kaki lima. Di sore hari Anda dapat mengunjungi kompleks Murni untuk menikmati pisang ini hangat-hangat.

Kabarnya sekarang beberapa kafe di Gorontalo juga sajikan pisang goroho dengan aneka topping menyerupai cokelat dan keju. Pisang goreng yang empuk gurih ini yummy dinikmati dengan kopi hangat di pagi atau sore hari. Tetapi juga yummy buat kudapan kapan saja alasannya ialah cukup mengenyangkan.

Baca Juga : Makan Pisang Bisa Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Ini Alasannya?

Komentar